Jumat, 29 Juni 2012

Cara membersihkan telinga anak


            Tidak seperti orang dewasa, anak-anak tidak dapat membersihkan telinganya sendiri. Oleh karena itu para orang tua, khususnya ibulah yang harus rajin membersihkan telinga anak-anak mereka.
            Akan tetapi apabila anda tidak hati-hati pada saat membersihkan telinga anak, akan menimbulkan rasa sakit bahkan bisa berakibat infeksi pda telinga anak. Jadi anda haruslah berhati-hati.
            Berikut ini adalah petunjuk untuk membersihkan telinga anak yang benar. Pertama-tama, oleskan baby oil secara merata pada telinga anak anda, sampai di bagian belakang daun telinga, ini dilakukan agar kotoran yang ada tidak menempel dan nantinya mudah dibersihkan.
            Selanjutnya gunakan cotton bud yang sebelumnya anda celupkan kedalam baby oil, dan perlahan bersihkan telinga anak anda sampai bersih. Ganti cotton bud yang anda gunakan dengan yang baru apabila sudah kotor, karena kotoran yang ada di cotton bud itu akan kembali menempel di telinga anak anda.
            Untuk diperhatikan, janganlah anda mengorek lubang telinga anak anda terlalu dalam karena hal ini dapat meyebabkan rasa sakit, sehingga merusak gendang telinga anak. Anda tentu tak ingin anak anda mempunyai masalah pendengaran nantinya, bukan?
            Membersihkan anak memang membutuhkan perhatian dan perlakuan yang khusus karena apabila anda salah dalam melakukannya, maka anda beresiko untuk membuat pendengaran anak anda terganggu.
            Nah, tips di atas cukup mudah dilakukan dengan aman dan tanpa resiko apapun, namun anda tetap harus memperhatikan cara-cara yang lebih mudah tergantung perilaku anak anda karena terkadang membujuknya untuk mau dibersihkan telinganya justru lebih sulit dari membersihkan telinganya dengan baik.
            Selain itu anda juga harus memperhatikan waktu-waktu anda untuk membersihkan, jadi jangan piliw waktu di saat dia sedang tertidur karena sejatinya itu lebih berbahaya ketimbang ketika ia bangun dan diam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar